Friday, 14 November 2014

Contoh Aplikasi IMK



 Contoh aplikasi masing-masing jenis/tipe model Interaksi Manusia dengan Komputer


1.         Command Line Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah).
Contoh : Unix, Linux (Terminal, Console), DOS.
  










Keuntungan menggunakan dialog berbasis perintah tunggal yaitu :
1.           Cepat dan akurat
2.          Efisien Dan Ringkas
3.         Luwes
4.          Inisiatif Oleh Pengguna
Kerugiannya yaitu:
1.           Memerlukan pelatihan yang lama
2.          Membutuhkan penggunaan yang teratur
3.         Beban Ingatan yang tinggi
4.          Jelek dalam menangani kesalahan



2.       Natural Language (bahasa alami)

Dialog berbasis bahasa alami merupakan dialog yang menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia
Contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG,ADA, C, C++.








Keuntungan menggunakan dialog berbasis bahasa alami yaitu :
1.         tidak memerlukan sintaksis khusus
2.       luwes dan powerful
3.       alamiah
4.       menggunakan inisiatif campuran
Kerugiannya yaitu:
1.         mempunyai dualisme
2.       bertele-tele
3.       Opaque (tidak jelas)
4.       perancangan perangkat lunak yang rumit
5.       tidak efisien

3.      Interaksi Berbasis Sistem Menu
contoh menu tarik seperti toolbar , file , edit, format dll , menu datar seperti : pilihan A pilih salah satu , pilihan B












4.      Interaksi Berbasis Interaksi Grafik
Dialog berbasis interaksi grafik (GUI) merupakan dialog yang menggunakan bentuk-bentuk visual, seperti grafik, ikon dan animasi.
Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tersebut.











5.      Interaksi Berbasis Ikon
Interaksi berbasis ikon adalah ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.Dialog berbasis ikon seperti pada gambar di bawah:








Keuntungan dialog berbasis ikon yaitu:
1.           gambar bersifat umum
2.          mudah diingat dan dipelajari shg mempertinggi kinerja pengguna
3.         tidak bergantung pada suatu bahasa.
Kerugiannya yaitu:
1.           cenderung membingungkan
2.          boros tempat dan sangat tidak efektif

6.      Question/answer and query dialogue
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. Userdiberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak (Y/N),pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selamaproses interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.
contoh : mysql, dbase interaktif, dll














7.       Sistem Windows
Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi. 






Pemanfaatan sistem penjendelaan yaitu :
1.         Penampilan lebih banyak informasi
2.       Pengaksesan lebih banyak sumber informasi
3.       Pengkombinasian berbagai sumber informasi
4.       Pengontrolan bebas atas sejumlah program
5.       Pengingatan
6.       Command context/active form
7.       Penyajian jamak












1 comments:

Shikamaru Nara said...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
papan penjepit pcb