Contoh aplikasi masing-masing jenis/tipe model Interaksi Manusia dengan
Komputer
1.
Command Line Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah).
Contoh
: Unix, Linux (Terminal, Console), DOS.
Keuntungan menggunakan dialog berbasis perintah tunggal yaitu :
1.
Cepat dan akurat
2.
Efisien Dan Ringkas
3.
Luwes
4.
Inisiatif Oleh Pengguna
Kerugiannya yaitu:
1.
Memerlukan pelatihan yang lama
2.
Membutuhkan penggunaan yang teratur
3.
Beban Ingatan yang tinggi
4.
Jelek dalam menangani kesalahan
2.
Natural Language (bahasa alami)
Dialog berbasis bahasa
alami merupakan dialog yang menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia
Contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti
Pascal, Cobol, RPG,ADA, C, C++.
Keuntungan menggunakan dialog berbasis bahasa alami
yaitu :
1.
tidak memerlukan sintaksis khusus
2.
luwes dan powerful
3.
alamiah
4.
menggunakan inisiatif campuran
Kerugiannya yaitu:
1.
mempunyai dualisme
2.
bertele-tele
3.
Opaque (tidak jelas)
4.
perancangan perangkat lunak yang rumit
5.
tidak efisien
3. Interaksi
Berbasis Sistem Menu
contoh menu tarik seperti toolbar , file , edit, format dll , menu datar
seperti : pilihan A — pilih salah satu , pilihan B
4. Interaksi
Berbasis Interaksi Grafik
Dialog berbasis
interaksi grafik (GUI) merupakan dialog yang menggunakan bentuk-bentuk visual,
seperti grafik, ikon dan animasi.
Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan
muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tersebut.
5. Interaksi
Berbasis Ikon
Interaksi
berbasis ikon adalah ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda
untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.Dialog berbasis ikon seperti pada gambar
di bawah:
Keuntungan dialog berbasis ikon yaitu:
1.
gambar bersifat umum
2.
mudah diingat dan dipelajari shg mempertinggi kinerja
pengguna
3.
tidak bergantung pada suatu bahasa.
Kerugiannya yaitu:
1.
cenderung membingungkan
2.
boros tempat dan sangat tidak efektif
6.
Question/answer and query dialogue
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada
beberapa aplikasi. Userdiberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk
jawaban ya/tidak (Y/N),pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing
tahap demi tahap selamaproses interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun
terbatas fungsinya.
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
7. Sistem
Windows
Sistem penjendelaan
adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai
informasi ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.
Pemanfaatan sistem penjendelaan yaitu :
1.
Penampilan
lebih banyak informasi
2.
Pengaksesan
lebih banyak sumber informasi
3.
Pengkombinasian
berbagai sumber informasi
4.
Pengontrolan
bebas atas sejumlah program
5.
Pengingatan
6.
Command
context/active form
7.
Penyajian jamak
1 comments:
infonya sangat bermanfaat bagi ane
papan penjepit pcb
Post a Comment