Wednesday 19 February 2014

MAKALAH Ms. Office 2007

KATA PENGANTAR

            Alhamdullilah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Makalah tentang "Microssoft Office’’.
            Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar komputer. Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan  mahasiswa dalam menyusun karya tulis.
            Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian demi memperbaiki  makalah ini dalam penulisan lain di kemudian hari.
            Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan terimakasih.

Lampung,  Februari 2014
Penulis






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................................ 1
KATA PENGANTAR .............................................................................................................. 2
DAFTAR ISI.............................................................................................................................. 3
BAB I PEDAHULUAN............................................................................................................ 4
1.1   Latar Belakang Masalah ................................................................................... 4
1.2   Tujuan Pembahasan........................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................................................... 5
2.1     Sejarah Microsoft Office.................................................................................. 5
2.2     Aplikasi Microsoft Office 2007........................................................................ 6
a.       Microssoft Office Word 2007...................................................................... 6
b.      Microssoft Office Excel 2007...................................................................... 7
c.       Microssoft Office Power Point 2007........................................................... 8
d.      Microssoft Office Access 2007.................................................................... 8
e.       Microssoft Office Outlock 2007.................................................................. 9
f.       Microssoft Office InfoPath 2007................................................................. 10
g.      Microssoft Office Groove 2007................................................................... 10
h.      Microssoft Office OneNote 2007................................................................ 11
PENUTUP............................................................................................................................... …12
             3.1  Kesimpulan.......................................................................................................... …12
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................. …13







BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG

Dizaman yang modern ini kita tahu bahwa manusia sangat menginginkan sesuatu yang mudah untuk memeperlancar kehidupannya sehari – hari. Saat ini komputer merupakan sutu alat yang digunakan manusia untuk membantu memudahkan manusia dalam melaksanakan tugas. Komputer juga merupakan salah satu media elektronik yang sangat canggih. Dikomputer ini terdapat suatu software yang dinamakan software Microsoft office. Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft. Microsoft Office pun dari sejak dikeluarkan sampai sekarang sudah banyak mengalami perkembangan.


1.2  TUJUAN

Microsoft office saat ini adalah Office Suite yang paling banyak dipakai dan dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia dan menjadi standar untuk beberapa pekerjaan. Sehubungan dengan hal itu makalah ini dibuat dengan maksud dan tujuan:
• Menambah pengetahuan lebih dalam mengenai Microsoft Office.
• Mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Office.
• Menjalankan berbagai macam berbagai aplikasi yang ada didalam Microsoft Office sesuai dengan kebutuhan.
• Mengetahui fungsi – fungsi dari aplikasi tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

 2.1 Sejarah Microsoft Office

Microsoft Office, sudah dipastikan Anda sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Setelah era DOS berakhir dan mulai digantikan dengan Windows, Microsoft Office mulai dikenal oleh masyarakat menggantikan Wordstar dan Lotus 1-2-3 yang kala itu menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengguna PC.

Microsoft mengembangkan Office untuk bisa dipakai secara multi-platform. Platform operating system yang didukung oleh Office adalah Microsoft Windows OS dan Apple Macintosh OS. Untuk kali pertama Microsoft Office resmi dipasarkan pada tahun 1990 untuk platform Apple Macintosh dan baru pada tahun 1992 muncul versi Office untuk versi Windowsnya.


Pada versi pertama Office, hanya ada tiga aplikasi yang disertakan di dalamnya, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Setelah Sesudah Microsoft mengumumkan akan diluncurkannya Windows Vista, bersamaan dengan itu secara mengejutkan Microsoft juga mengumumkan peluncuran Microsoft Office 2007 yang tadinya dikenal dengan Office 12. Microsoft Office 2007 adalah sekuel atau kelanjutan dari Office 2003 yang secara tidak tertulis sudah diakui dan menjadi standar untuk melakukan pekerjaan - pekerjaan yang berhubungan dengan PC, seperti mengetik, membuat laporan keuangan, membuat dokumentasi rapat, membuat presentasi, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh Office Suite yang satu ini. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai Microsoft Office 2007 akan dijelaskan pada pokok bahasan berikutnya.

2.2  Aplikasi Microsoft Office 2007

Didalam Microsoft Office 2007 terdapat aplikasi baru yang belum ada di versi sebelumnya, selain aplikasi baru juga terdapat fitur – fitur tambahan untuk memperbaiki versi terdahulu, berikut adalah macam – macam aplikasi yang ada didalam Microsoft Office 2007.

a. Microsoft Office Word 2007
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen mislnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, Ms. Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya. Secara default tampilan Ms. Word 2007 terdiri atas Tiitle bar, Office Button, Quick Acces Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar dan View Bar.

b. Microsoft Office Excel 2007
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007. Berikut adalah gambar tampilan Microsoft Office Excel 2007.
 

c. Microsoft Office Power Point 2007
Microsoft Office Powerpoint adalah salah satu aplikasi office yang berguna untuk membuat presentasi professional dalam aneka bentuk media. Mulai dari plastic transparan untuk OHP,kertas biasa,slide 35mm, hingga presentasi On Screen. Powerpoint merupakan salahsatu aplikasi yang tersedia dalam paket Microsoft Office. Aplikasi ini menyediakan fasilitas slide untuk menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada audience. Dengan fasilitas Animations suatu slide, dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas : Font Pictures,Sound and Effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang bagus. Berikut dalah tampilan Microsoft Office Power Point 2007.

d. Microsoft Office Access 2007
Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah data base yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Di Microsoft Office Acces 2007 ini Microsoft membuat perubahan dan penambahan yang sangat signifikan dan bisa dibilang Microsoft Access yang disertakan pada Office 2007 ini sepenuhnya adalah baru. Baik dari segi interface-nya maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi access ini, pertama yang akan terlihat adalah interface-nya yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya.

e. Microsoft Office Outlook 2007
Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office suite. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer.

f. Microsoft Office InfoPath 2007
Microsoft Office InfoPath adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan formulir pemasukan data berbasis XML, yang dirilis pertama kali sebagai bagian dari Microsoft Office System 2003, dan kini menjadi bagian dari Microsoft Office System 2007. Ketika dikembangkan, InfoPath memiliki nama kode XDocs, dan menawarkan fitur-fitur seperti kemampuannya untuk membuat dan menampilkan dokumen XML dengan dukungan terhadap skema XML yang didefinisikan sendiri. Aplikasi ini juga dapat dikonfigurasikan agar dapat terhubung terhadap sistem eksternal dengan menggunakan XML Web Services melalui Microsoft XML Parser (MSXML) dan SOAP Toolkit. Selain itu, sistem back-end dan middle-tier juga dapat dikonfigurasikan agar dapat berkomunikasi dengannya dengan menggunakan standar-standar layanan Web seperti SOAP, UDDI, dan WSDL. Mengingat InfoPath adalah program pengolah XML, maka adalah mungkin mengolah data tersebut dengan menggunakan pengolah XML lainnya.

g. Microsoft Office Groove 2007
Microsoft Office Groove 2007 adalah aplikasi desktop yang merupakan bagian dari aplikasi Office 2007 yang didesain untuk kolaborasi dokumen dalam tim kerja dengan anggota yang sering kali offline. Dengan Office Groove 2007, anda bisa berkolaborasi dengan anggota team baik dari luar maupun dalam perusahaan anda, tanpa harus bergantung pada IT serta teknisnya seperti urusan firewall, server, atau cara mengakses network. Setelah anda menginstal Groove 2007, anda perlu membuat Groove account sebelum memulai menggunakannya.Konsep groove sendiri adalah workspace. Workspace adalah bagian di mana anda akan saling bertukar file folder dan kerjaan lainnya dalam berkolaborasi dengan anggota team anda. Bagian Active menunjukkan hal-hal yang sedang aktif seperti tugas dsb, sedangkan yang Unread adalah update yang dibuat dari rekan atau anggota team anda yang belum anda buka, dan yang terakhir Read adalah hal-hal yang sudah anda buka.

h. Microsoft Office One Note 2007
Microsoft Office One Note adalah program yang di-khusus-kan untuk keperluan pencatatan (note taking), berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata (word processing). Dengan OneNote kamu mungkin bisa dengan mudah mencatat apa saja yang terlintas di pikiran dan mengelompokkannya secara teratur. Karena OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik. Mencatat pada aplikasi ini jauh lebih baik daripada di text editor atau word processor.

BAB III
PENUTUP


3.1 KESIMPULAN

Berdasar pembahasan – pembahasan yang telah diuraikan akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa :
·         Microsoft Office merupakan suatu software yang didalamnya terdapat bermacam – macam aplikasi seperti Ms. Office Word, Ms. Office Exel, Ms. Office PowerPoint, Ms. Office Access, Ms. Office Outlook, Ms. Office Groove, Ms. Office One Note, Ms. Office InfoPath.
·         Microsoft Office dari tahun – ketahun selalu dikembangkan fitur – fiturnya, hal ini dimaksudkan supaya para pengguna lebih mudah menggunakannya dan tentunya lebih banyak variasi fitur – fitur terbarunya. Dapat diambil contoh adalah Microsoft Office 2007.
     














0 comments: